Resistor dan Kapasitor

Ketika membolak-balik buku pengantar elektronika dan instrumentasi yan baru dibeli, ketemu sedikit ilmu dasar, ketika membacanya teringat masa-masa asisten elekronika dasar dulu, dimana terdapat beberapa kekeliruan yang disampaikan. Untuk itu saya minta maaf kepada adik-adik dan teman-teman semua, berikut saya sampaikan secara ringkas tentang resisor dan kapasitor. Semoga ilmu yang setitik ini bermanfaat ya

Resistor

Berfungsi sebagai peredam tegangan DC atau AC, berbahan karbon Film atau Metal Film

dengan satuan resistan Ohm. Terdiri dari beberapa Jenis diantaranya:

Resistor tipe 5%

images

Eg. Jenis resisor dan toleransinya

Memiliki ketepatan nilai resistan 5% dari nilai sebenarnya, terdiri dari 4 gelang dg gelang terakhir selalu berwarna emas, dan warna dasar resistor cokelat muda. Untuk membaca nilai resstannya AB x 10C. dimana A,B dan C merupakan warna gelang resistor.

Resistior tipe 10%

Memiliki ketepatan nilai 10% dan ciri yang sama dengan resistor 5%, namun yang menjadi pembeda adalah gelag terakhir selalu berwarna perak/silver

Resistor tipe 20%

Hampir sama dengan resistor tipe 5% dan 10% namun yang membedakan adalah hanya terdiri dari 3 gelang (gelang terakhir tidak ada)

Resistor tipe 1%

Memiliki keakuratan 1%, dan merupakan yang paling teliti diantara 3 resitor diatas. Memiliki warna dasar biru tua atau biru muda dan memiliki jumlah gelang sebanyak lima. Gelang terakhir selalu berwarna coklat dan memiliki jarak yang berbeda dengan gelang lainnya. Untuk membacanya ABC x 10D

Resistor tipe 2%

Serupa dengan tipe 1% namun bedanya tipe 2% gelang terkhir berwarna merah

Resistor variable

Merupakan resisor dengan resistansi yang dapat divariasikan dari 0 hingga nilai max VR tersebut

Kapasitor

Berfungsi sebagi pentabil teganganDC untuk rangkaian catu daya atau sebagai tapis gelombang AC.  Selain itu juga bisa daplikasikan sebagai enerator pembangkit gelombang kotak mupu sinusoida. Pada kapasitor kode-kode toleransi berupa angka atau huruf

Untuk toleransi koofesien suhu menggunakan simbol G,H, J, K, L dengan PPM per oC berturu-turut adalah 30, 60, 120, 250, 500. Suhu kerja minimum pada kapasitor dilambangkan dengan Z,X,Y dengan suhu minimum  +10, -30, -55. Suhu kerja max dilambangkan dengan angka 2, 4, 5, 6, 7, 8, 9 dengan shu max berturut-turut yaitu +45, +65, +85, +105, +125, +150, +200. Toleransi kapasitr dilambangkan dengan A, B, C, D, E, F, P, R, S, T, U ,V dengan nilai toleransi berturut-turut adalah 10%, 1,5%, 2,2%, 3,3%, 4,7%, 7,5%, 10%, 15%, 22%, +22%/-33%, +22%/ -56%, +22%/-82%.

Ada beberapa jenis kapasitor yang sering digunakan,

Kapasitor keramik

download

Eg. Kapasitor keramik

Kapasitor tipe ini bersifat non polar dan berwarna cokelat. Ukuran kapasitor ini biasanya antara 1 pF dan  1µF. Nilai kapasitansi nya dilihat dari label yang tertera, seperti 104Z, maka dapat diketahui nilai kapasitansinya 10 x 103 pF = 10 nF. Sedangkan nilai Z menatakan batas suhu minimal agar kapasitor dapat berfungsi normal adalah 10 oC.

Kapasitor polyster (Mylar)
download (1)

Eg. Kapasior Mylar

Biasanya berwarna cokelat dan hijau. Cara membaca kapasitor ini serupa dengan memaca kapsitor keramk dan meilii toleransi antara 5% sampai 10%, keunggulannya yaiu kapasitor mylar dapat bekerja pada suhu operasi yang lebih tinggi dari kapasitor eramik, tanalum dan electrlit.

Kapasitor electrolit
download (2)

Eg. Kapasitor electrolit

Bersifat polar, memiliki simbol “-“ (minus) disisi kapasitor untuk menandakan kaki berpolaritas negatif. Pada badan kapasitor tertera besaran kapasitasi, suhu kerja max, dan suhu kerja min.

Kapasitor tantalum

download (3)

Eg. Kapasitor tantalum

Merupakan kapasitor dengan elktroda yang terbuat dari tantalum.  Memiliki polaritas yang ditandaidenga simbol “+” pada kaki kapasitor berpolaritas positif. Memiliki karakteristik shu dan frekuensi yang lebih baik dari pada kapasitor elektrolit. Untuk nilai kapasitansinya dapat dbaca langsung seperti kasitor electrolit atau menggunaka 3 digit angka eperti kapasior keramik.

Iklan

Penulis: refiyon yoggy

"Saya ingin menjadi air mengalir yang selalu menemukan jalannya"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s